BAN-PDM Latih 513 Calon Pelatih Asesor

May 17, 2024.
- by Redaksi

BAN-PDM, JAKARTA - Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (BAN-PDM) menyelenggarakan Pelatihan Calon Pelatih Asesor (PCPA) Tahun 2024. Kegiatan ini diikuti oleh total 513 calon pelatih yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia.

 

Kegiatan PCPA ini secara umum bertujuan untuk menyiapkan para pelatih asesor yang nantinya akan melatih asesor dalam pelatihan yang akan digelar di seluruh provinsi di Indonesia. Adapun jumlah asesor yang aktif hingga saat ini berjumlah 8.479 asesor, yang diproyeksikan akan melakukan visitasi pada tahun 2024.

 

PCPA 2024 dilaksanakan secara hybrid, yakni dengan kegiatan pembelajaran asinkronus dan sinkronus. Pembelajaran asinkronus adalah pembelajaran mandiri, yang dalam praktiknya peserta dapat mengikuti materi (course) yang sudah disediakan secara fleksibel. Sementara pembelajaran sinkronus adalah pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka, di mana peserta dan narasumber dapat berkomunikasi secara langsung.

 

Dalam pelatihan ini, pembelajaran asinkronus dilakukan melalui platform learning management system (LMS) yang dibagi ke dalam beberapa tahap. Adapun jadwal pelaksanaan asinkronus, yakni pada 3-4 Juni, 6-7 Juni, 10-11 Juni, dan 13-14 Juni 2024.

 

Selama pembelajaran asinkronus ini, pada peserta PCPA melakukan pembelajaran secara mandiri dengan mengikuti materi dan penugasan di dalam LMS yang sudah disediakan.

 

Setelah melaksanakan pembelajaran asinkronus, para peserta mengikuti pembelajaran sinkronus secara daring via Zoom Meeting. Adapun jadwal pelaksanan pembelajaran asinkronus pada  5, 8, 12, dan 15 Juni 2024. Di sesi sinkronus ini, para calon pelatih asesor mendapatkan kesempatan untuk menyimak materi secara langsung dari narasumber dan berdiskusi secara virtual.

 

Setelah peserta selesai mengikuti rangkaian pembelajaran asinkronus dan sinkronus, para peserta mengikuti pelatihan sinkronus luring yang akan digelar di Jakarta pada 20-23 Juni 2024. Di kegiatan luring ini, para calon pelatih akan dilatih mengenai keterampilan penggalian data dalam proses akreditasi.

 

Narasumber dalam kegiatan ini adalah anggota BAN-PDM pusat. Adapun materi yang akan disampaikan selama PCPA, yakni seputar instrumen akreditasi baru yang meliputi kinerja, proses pembelajaran, manajemen kepemimpinan, dan iklim lingkungan belajar.

 

Selain itu, PCPA 2024 juga bertujuan meningkatkan keterampilan teknis dan praktis yang akan menunjang asesor dalam melakukan akreditasi. (redaksi)