Asesor dari 17 Provinsi Siap dengan Paradigma Baru Akreditasi

May 17, 2024.
- by Redaksi

BAN-PDM, JAKARTA - Pelatihan Calon Pelatih Asesor Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PCPA BAN-PDM) tahun 2024 Tahap 1 telah usai digelar. Dengan selesainya kegiatan tahap 1 ini diharapkan ada perubahan mindset pada para calon pelatih asesor yang akan terjun melatih ribuan asesor BAN-PDM di masing-masing provinsi dalam beberapa waktu ke depan.


Ketua BAN-PDM Totok Suprayitno, Ph.D. dalam sambutan di acara penutupan PCPA mengungkapkan bahwa pelatihan ini merupakan upaya melakukan perubahan pola pikir, mindset change. "Mindset change, dari rutinitas yang dahulu bapak/ibu lalui, kita mencoba membuat perubahan dengan hal yang baru," ujarnya di Hotel Novotel, Mangga Dua, Jakarta, Ahad (23/6/2024).


Dalam kesempatan itu, dia juga menceritakan bagaimana transformasi proses akreditasi dari masa ke masa. Proses akreditasi, kata dia, saat ini diubah menjadi lebih substantif. "Mindset administratif yang sudah melekat kita coba ubah menjadi mindset yang lebih substantif, yang lebih esensial," ungkapnya.


Totok menegaskan bahwa para peserta PCPA, baik yang berlatar belakang asesor maupun anggota BAN-PDM Provinsi, merupakan para pelatih yang akan melatih asesor di provinsi masing-masing. Untuk itu, dia berpesan agar apa yang didapatkan di kegiatan PCPA ini dibawa ke daerah masing-masing.


"Semangat yang berkobar di sini untuk memperbaiki keadaan, silakan dibawa ke daerah masing-masing. Tularkan ini kepada para asesor yang akan bapak/ibu latih nanti," pesannya.


Sementara itu, Ketua Panitia PCPA, Tari Sandjojo, M.Psi., Psikolog. mengucapkan terima kasih atas kesuksesan penyelenggaraan kegiatan ini. “Kami ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam kesuksesan acara ini,” ujarnya.


Dalam laporannya, Tari mengatakan, PCPA ini telah berjalan lancar. “Secara umum kegiatan PCPA ini telah berjalan dengan lancar. Aktivitas dan diskusi selama pelatihan, peserta aktif berpartisipasi dalam diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan, presentasi hasil tugas, maupun simulasi/praktik,” ujar dia di hadapan 249 peserta PCPA.


Diinfokan bahwa BAN-PDM akan menggelar kegiatan PCPA 2024 Tahap 2 pada Kamis-Ahad, 27-30 Juni 2024. Kegiatan PCPA Tahap 2 akan dilaksanakan secara luring di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, dengan jumlah peserta sebanyak 225 orang yang merupakan asesor dan anggota BAN-PDM Provinsi. (soleh/redaksi.banpdm)