Kebijakan Baru Akreditasi Satuan Pendidikan

Apr 17, 2024.
- by Admin Website

BAN-PDM, YOGYAKARTA - Badan Akreditasi Nasional Pendidikan anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (BAN-PDM) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) I di Hotel Alana Yogyakarta, DIY, Jumat-Minggu (23-25/2/2024). Kegiatan yang mengusung tema "Gemilang Kinerja 2024; Tinggalan Jejak BAN-PDM Provinsi 2024" ini diikuti oleh BAN-PDM se-Indonesia.

 

Dalam sambutannya, Ketua BAN-PDM Totok Suprayitno, Ph.D. menjelaskan makna refleksi tema "Gemilang Kinerja 2024". "Bagi BAN-PDM, rakornas ini benar-benar yang pertama. Jadi, kita dalam proses transisi BAN-PDM, semula ada BAN PAUD-PNF dan BAN SM, dan itu diterjemahkan dua-dua di tiap provinsi. Kemudian, kita merger menjadi satu jadi BAN-PDM di semua provinsi," kata dia.

 

Totok melanjutkan, esensi dari Gemilang Kinerja 2024 adalah ingin meninggalkan jejak-jejak kebaikan untuk meningkatkan pendidikan melalui akreditasi. "Kawan-kawan yang telah lama berada di BAN baik PAUD maupun SM telah meninggalkan jejak kebaikan. Ini kesempatan kita meninggalkan jejak kebaikan melalui akreditasi. Kita berharap kawan-kawan meninggalkan masa transisi ini dengan gemilang," ungkapnya.

 

Dia berharap kinerja di masa transisi ini akan menjadi kinerja gemilang dan pada tahun 2025 dengan pemerintahan baru dan kebijakan-kebijakan baru bisa memberikan kinerja yang gemilang. "Kita teruskan semangat gemilang kinerja sekarang sampai tahun 2028, kawan-kawan masa kerjanya sampai 2030. Kita ingin memulai meninggalkan masa lalu untuk menyambut gemilang kinerja ke depan," kata dia. 

 

Selain itu, Ketua BAN-PDM juga mengajak peserta rakornas untuk bersukacita menyambut 2024. "Saya atas nama seluruh kawan-kawan BAN PDM yang telah menyelenggarakan acara ini menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya. Kita bisa berkhidmat bersama-sama menyambut 2024 dengan penuh sukacita dan penuh semangat sambil berharap bahwa apa yang kita lakukan mendatangkan kebajikan khususnya bagi pendidikan dan anak-anak kita," katanya. (redaksi/banpdm)